Penyuluhan motivasi belajar dan pembagian alat tulis kepada siswa sekolah dasar di Kampung Sairo, Distrik Manokwari Utara

Counseling on learning motivation and distribution of stationary to primary school students in Sairo Vilage, North Manokwari District

Main Article Content

Budi Santoso
Jan H. Nunaki
Zainudin Rumatumia
Loisa A. Ick
Barsalina J. Inggesi

Abstract

ABSTRACT 

The success of the educational process is largely determined by teachers, students and the school environment. In the learning process, learning motivation is a very important dynamic aspect. The aim of this counseling was to provide motivation/encouragement for learning and at the same time provide stationery assistance which aims to support the learning process for students at SD Inpres 61 Mandopi, Sairo Village. This counseling was carried out at the Inpres 61 Mandopi Elementary School, Sairo Village, North Manokwari District. This activity was attended by 29 people consisting of 27 students and 2 teachers. This activity was carried out in 2 stages, namely the preparation stage and the counseling stage. Counseling was carried out using lecture and discussion methods using visual media tools, point slides and videos. The results of the activity showed that the counseling participants were very enthusiastic about participating in this activity, which was indicated by the activeness of the students when answering several questions from the Service Team. To obtain optimal learning results, teachers are required to be creative in generating student learning motivation. At the end of the activity, stationery assistance was handed over to the head of school and distribution of stationery to students. It was concluded that the counseling activities carried out at the Inpres 61 Mandopi Primary School, Sairo Village had run smoothly and received a positive and enthusiastic response from teachers and students participating in the counseling. Motivation is one of the factors that influences student success in the learning process. 

Keywords: Counseling; Motivation; Sairo; Study; Student

 

ABSTRAK

Keberhasilan proses pendidikan sangat ditentukan oleh guru, siswa dan lingkungan sekolah. Pada proses pembelajaran motivasi belajar merupakan salah satu aspek dinamis yang sangat penting.  Tujuan penyuluhan ini adalah memberikan motivasi/dorongan belajar dan sekaligus memberikan bantuan alat tulis yang bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran bagi siswa/siswi di SD Inpres 61 Mandopi, Kampung Sairo.  Penyuluhan ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Inpres 61 Mandopi Kampung Sairo, Distrik Manokwari Utara.  Kegiatan ini diikuti 29 orang terdiri atas 27 orang siswa dan 2 orang guru.  Kegiatan ini dilaksanakan melalui 2 tahap yaitu tahap persiapan dan tahap penyuluhan.  Penyuluhan dilakukan menggunakan metode ceramah dan diskusi dengan menggunakan alat bantu media visual berupa slide power point dan video.  Hasil kegiatan menunjukkan peserta penyuluhan sangat antusias mengikuti kegiatan ini yang diindikasikan dengan keaktifan siswa/siswi ketika menjawab beberapa pertanyaan dari Tim Pengabdi.  Untuk memperoleh hasil belajar yang optimal, guru dituntut kreatif membangkitkan motivasi belajar siswa.  Pada akhir kegiatan dilakukan penyerahan bantuan alat tulis kepada kepala sekolah dan pembagian alat tulis kepada siswa.  Disimpulkan bahwa kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Inpres 61 Mandopi, Kampung Sairo telah berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan positif dan antusias dari guru dan siswa/siswi peserta penyuluhan. Motivasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Belajar; Motivasi; Penyuluhan; Sairo; Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Santoso, B., Nunaki, J. H. ., Rumatumia, Z. ., Ick, L. A. ., & Inggesi, B. J. . (2024). Penyuluhan motivasi belajar dan pembagian alat tulis kepada siswa sekolah dasar di Kampung Sairo, Distrik Manokwari Utara: Counseling on learning motivation and distribution of stationary to primary school students in Sairo Vilage, North Manokwari District. IGKOJEI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 86–92. https://doi.org/10.46549/igkojei.v5i2.451
Section
Articles
Author Biographies

Jan H. Nunaki, Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Papua, Jalan Gunung Salju, Amban Manokwari 98314

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Papua, Jalan Gunung Salju, Amban Manokwari 98314

Zainudin Rumatumia, Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Papua, Jalan Gunung Salju, Amban Manokwari 98314

Loisa A. Ick, Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Papua, Jalan Gunung Salju, Amban Manokwari 98314

Barsalina J. Inggesi, Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Papua, Jalan Gunung Salju, Amban Manokwari 98314

References

Afandi, M. F., Wilandari, D. F., Suwarno, E., Savitri, S. I., & Rukmana, I. J. 2022. Penyuluhan peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19 di Yayasan Manarul Ichsan. Adi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1); 209-215.

Artha, D. J., Sari, A. W., & Febriyana, M. 2023. Pendampingan pelatihan pembuatan video pembelajaran bagi visual kinaesthetic leaner di Sekolah Abdi Negara Binjai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 29(1); 52-55.

Badan Pusat Statistik, 2022. Manokwari Dalam Angka. Manokwari: Badan Pusat Statistik Kabupaten Manokwari.

Daryanto, 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Elida, 2018. Peningkatan motivasi belajar PKN siswa kelas IX.7 SMP 21 Kota Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1); 135-143. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1077

Fattah, A. 2018. Peningkatan kompetensi pedagogis guru berbasis keterampilan dasar mengajar di MI Nurul Karim NW Kebon Ayu Gerung Lombok Barat. Jurnal Tranformasi, 14(1); 13-26. https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i1.571

Goleman, D. 2004. Emitional Intelligence Kecerdasan Emosional mengapa EQ lebih Penting dari pada IQ. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mariawasi, A., Tediel, A. K., Sampe, M., Yamlean, M. M., Puadi, Kambuaya, P., Baru, Y. R. 2023. Laporan Kuliah Kerja Nyata di Kampung Sairo, Distrik Manokwari Utara, Kabupaten Manokwari. Manokwari: Universitas Papua.

Nurhayati, Nurhasanah, & Dahliana, A. 2016. Dinamika motivasi belajar pada siswa mandiri di SMPN 10 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 1(2); 73-79.

Pattiselanno, F., Natumnea, N., Kuswanto, Ansarudin, M., Goban, Y. M., Kararbo, E. S., Karubaba, E. F. 2021. Mendukung upaya perlindungan penyu belimbing (Dermochelys coriacea) melalui pendidikan (Program KKN Wau-Weyaf, Abun). IGKOJEI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2); 51-57. https://doi.org/10.46549/igkojei.v2i2.209

Sardiman, A. M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudarman, D. 2004. Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Suharni, & Purwanti. 2018. Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1); 131-145. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89

Sumardi, U. S., Nathael, L., Witri , R. P., & Kusriani, F. 2021. Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi belajar peserta didik. Edutech, 20(1); 72-86.