Analisis Pendapatan dan Prospek Pemasaran pada Wirausahawan Fried Chicken di Kota Kendari

Analysis of Income And Marketing Prospects of Fried Chicken Entrepreneurs in Kendari City

Authors

  • Laode Muh Munadi Universitas Halu Oleo, Kota Kendari
  • Nuraini Nuraini Universitas Halu Oleo, Kota Kendari
  • La Ode Muh Munadi Universitas Halu Oleo, Kota Kendari
  • Githaria Lumanto Universitas Halu Oleo, Kota Kendari

DOI:

https://doi.org/10.46549/jipvet.v11i3.176

Keywords:

Income, Kendari-FC, Marketing, Pemasaran, Pendapatan

Abstract

Abstract

The best known broiler chicken meat product in urban communities is Kentucky Fried Chicken (KFC). Seeing the business opportunity, entrepreneurs in Kendari City tried to make fried chicken similar to KFC products by labeling Kendari Fried Chicken (Kendari-FC) at a relatively affordable price of Rp 8.000 per piece compared to the KFC price of Rp 15.000 per piece. This study aims to analyze the marketing prospects of Kendari-FC entrepreneurs in Kendari City. The location of the research was determined purposively with the respondents of the study being kendari-FC entrepreneurs in kendari city who were determined by census. The results showed that the income of Kendari-FC entrepreneurs in Kendari City averaged Rp 5.066.458 per month or Rp 168.882 per day with an average income of Rp 36.276 per head. Kendari-FC's marketing prospects have the potential to be developed especially in West Kendari District because the average revenue from sales of each tail is Rp 48.105.40 per head.

Keywords: Income; Kendari-FC; Marketing

 

Abstrak

Produk hasil olahan daging ayam broiler yang paling dikenal masyarakat perkotaan adalah Kentucky Fried Chicken (KFC). Melihat peluang bisnis tersebut wirausahawan di Kota Kendari berupaya membuat ayam goreng yang mirip produk KFC dengan memberi label Kendari Fried Chicken (Kendari-FC) dengan harga relatif terjangkau yaitu Rp 8.000 per potong dibandingkan harga KFC Rp 15.000 per potong. Penelitian ini bertujuan menganalisis prospek pemasaran wirausaha Kendari-FC  di Kota Kendari. Lokasi penelitian ditentukan secara purposif dengan responden penelitian adalah wirausahawan Kendari-FC di Kota Kendari yang ditentukan secara sensus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendapatan wirausahawan Kendari-FC di Kota Kendari rata-rata Rp 5.066.458 per bulan atau Rp 168.882 per hari dengan pendapatan rata-rata Rp 36.276 per ekor. Prospek pemasaran Kendari-FC berpotensi dikembangkan terutama di Kecamatan Kendari Barat karena rata-rata pendapatan dari hasil penjualan setiap ekor sebesar Rp 48.105.40.

Kata kunci: Kendari-FC; Pemasaran; Pendapatan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Laode Muh Munadi, Universitas Halu Oleo, Kota Kendari

Fakultas Peternakan, Jurusan Peternakan, Universitas Halu Oleo, Kota Kendari

Nuraini Nuraini, Universitas Halu Oleo, Kota Kendari

Fakultas Peternakan, Jurusan Peternakan, Universitas Halu Oleo, Kota Kendari

La Ode Muh Munadi, Universitas Halu Oleo, Kota Kendari

Fakultas Peternakan, Jurusan Peternakan, Universitas Halu Oleo, Kota Kendari

Githaria Lumanto, Universitas Halu Oleo, Kota Kendari

Fakultas Peternakan, Jurusan Peternakan, Universitas Halu Oleo, Kota Kendari

References

Dien, H. H. M., Oroh, S. G., & Soepeno, D. (2016). Pengaruh kualitas produk, tampilan fisik, dan mutu layanan terhadap loyalitas pelanggan di rumah makan ayam kuning lalapan jogja. Jurnal berkala ilmiah efisiensi, 16(2), 483–494.
Kusherawati, I., Widiyanesti, S., & Siregar, K. R. (2015). The Influence of Store Layout and Interior Displays against a Purchase Decision (In KFC Fast Food Bandung, Indonesia). International Journal of Science and Research (IJSR), 4(4), 1625–1629.
Patrianti. 2012. Analisis pendapatan pedagang pengecer karkas broiler segar dan karkas broiler beku di Kota Kendari. skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Haluoleo. Kendari.
Rahardjo, C. R. (2016). Faktor Yang Menjadi Preferensi Konsumen Dalam Membeli Produk Frozen Food. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(1), 32–43.
Said, M. I., Abustam, E., Pakiding, W., & Hastang, . (2017). Analisis Keuntungan Usaha Produksi Ayam Goreng Presto pada Produk Celebes Organik Chicken (COC) (Studi Kasus Program IbIKK di Fakultas Peternakan, Universitas Hasanuddin). Agrokreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 143-149. https://doi.org/10.29244/agrokreatif.3.2.143-149
Soeharno. 2009. Teori Mikro Ekonomi. Edisi Ketiga. Jakarta
Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Subagja, H., Pristiwaningsih, E. R., Sanyoto, J. I., & Prayitno, A. H. (2018). Analisis Keputusan Konsumen Terhadap Pembelian Ayam Goreng (Studi Kasus Perusahan X di Kabupaten Jember). Jurnal Ilmu Peternakan Terapan, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.25047/jipt.v2i1.1165.
Timmerman, V. A., & Mandey, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Texas Chicken Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 1113–1122.
Tu, Y.T., & . Hsiao., C. C. (2012). Corporate Brand Image and Customer Satisfaction on Loyalty: An Empirical Study of Starbucks Coffee in Taiwan. Journal of Social and Development Sciences, 3(1), 24–32. https://doi.org/10.22610/jsds.v3i1.682
Widuri, B., Saleh, A., & Palupi, N. S. (2014). Kelayakan dan Strategi Pengembangan Usaha pada Outlet Ayam Goreng Waralaba dan Mandiri. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 9(2), 179–194. https://doi.org/10.29244/mikm.9.2.179-194.
Wijayanthi, I. A. T., & Rianasari, N. P. (2020). Keputusan Konsumen Memilih Ayam Goreng Tepung Siap Saji: Studi Kasus Pada Waralaba Produk Lokal Bali Jaya Fried Chicken. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (Rekomen), 3(2), 134–147. https://doi.org/10.31002/rn.v3i2.2054.
Yola, M., & Budianto, D. (2016). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan dan Harga Produk pada Supermarket dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Optimasi Sistem Industri, 12(1), 301–309. https://doi.org/10.25077/josi.v12.n1.p301-309.2013.
Yuzaria, D., & Fitrini, F. (2011). Kontribusi Ekonomi Perempuan Penjual Ayam Goreng Gerobak di Beberapa Pasar Satelit di Kota Padang. Jurnal Agripet, 11(2), 16–21. https://doi.org/10.17969/agripet.v11i2.369.

Downloads

Published

2022-01-03