Jurnal ini merupakan media komunikasi ilmiah dibidang peternakan tropis dan veteriner yang berupa hasil penelitian atau telaah pustaka. Jurnal ini pertama kali terbit tahun 2000 dengan nama Jurnal Walabi yang dikelolah oleh Program Studi Produksi Ternak Fakultas Pertanian Universitas Cenderawasih. Kemudian pada tahun 2006 berubah nama menjadi Jurnal Ilmu Peternakan (JIP) yang dulunya dikelolah oleh Jurusan Produksi Ternak dan Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPPK) Universitas Negeri Papua. Setelah FPPK berkembang menjadi dua Fakultas yaitu Fakultas Peternakan (Fapet) dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), maka JIP langsung dirubah pada tahun 2018 menjadi Jurnal Ilmu Peternakan dan Veteriner Tropis (Journal of Tropical Animal and Veterinary Science). JIPVET diterbitkan Oleh FAPET Universitas Papua. 

Mulai bulan Mei 2019 alamat server Jurnal berubah dari http://jurnal.unipa.ac.id/index.php/peternakan/index menjadi https://journal.fapetunipa.ac.id.  Perpindahan server ini dikarnakan server yang lama tidak bisa diakses 24 jam.

Kami mohon maaf keterlambatan Publikasi Vol 9. no 2., dikarnakan pemblokiran akses internet oleh Keminfo di Papua Barat.