Integrasi stem dan etnomatematika dalam desain Rumah Kaki Seribu

STEM and ethnomathematics integration in the design of Rumah Kaki Seribu

Authors

  • Haryanto Pandapotan Pasaribu Universitas Papua, Manokwari, Indonesia
  • Fervin Mayos Likumahwa Universitas Papua, Manokwari, Indonesia
  • Winda Sary de Queljoe Universitas Papua, Manokwari, Indonesia
  • Adonia Pasinggi Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46549/igkojei.v6i3.572

Keywords:

STEM, Geometry, Ethnomathematics, Rumah kaki seribu, Local culture, Geometri, Etnomatematika, Budaya lokal

Abstract

ABSTRACT 

This community service program aimed to improve students’ understanding of geometry concepts by integrating STEM principles with local wisdom in West Papua, particularly through the traditional structure Rumah Kaki Seribu. The activity was conducted in Class VIII-E at SMP Negeri 01 Manokwari using a contextual ethnomathematics-based approach. Learning materials were delivered through interactive lectures, video presentations, model explorations, and group tasks using student worksheets. The results showed that students were able to accurately identify geometric elements in the traditional house structure. Student engagement significantly increased, as evidenced by active participation in discussions and task accuracy. This approach also fostered critical thinking and appreciation of local culture. The main limitation was the short duration of the program. Continuous mentoring through thematic activities and broader school involvement is recommended. This model can be replicated for teaching other mathematical topics in culturally rich regions. 

Keywords: Geometry; STEM; Ethnomathematics; Rumah kaki seribu; Local culture

 

ABSTRAK 

Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep geometri melalui integrasi prinsip STEM dan kearifan lokal Papua Barat, khususnya struktur Rumah Kaki Seribu. Kegiatan dilaksanakan di kelas VIII-E SMP Negeri 01 Manokwari dengan pendekatan kontekstual berbasis etnomatematika. Materi disampaikan melalui ceramah interaktif, tayangan video, eksplorasi maket, dan tugas kelompok berbasis lembar kerja. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta didik mampu mengidentifikasi unsur bangun datar dan bangun ruang dalam struktur rumah adat secara tepat. Partisipasi siswa meningkat signifikan, ditunjukkan melalui keterlibatan aktif dalam diskusi dan ketepatan penyelesaian tugas. Pendekatan ini juga mendorong kemampuan berpikir kritis serta menumbuhkan apresiasi terhadap budaya lokal. Kendala utama terletak pada durasi kegiatan yang terbatas. Oleh karena itu, diperlukan pendampingan berkelanjutan melalui kegiatan tematik serupa dan perluasan cakupan ke kelas atau sekolah lain. Kegiatan ini dapat dijadikan model pembelajaran kontekstual untuk topik matematika lainnya di wilayah dengan potensi budaya yang kuat.

Kata kunci: Geometri; STEM; Etnomatematika; Rumah kaki seribu; Budaya lokal

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Haryanto Pandapotan Pasaribu, Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Jurusan Teknik Sipil, Universitas Papua, Manokwari

Fervin Mayos Likumahwa, Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Jurusan Teknik Elektro, Universitas Papua, Manokwari

Winda Sary de Queljoe, Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Jurusan Teknik Sipil, Universitas Papua, Manokwari

Adonia Pasinggi, Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Jurusan Teknik Sipil, Universitas Papua, Manokwari

References

Bawan EK. 2021. Pelatihan instalasi penerangan bagi masyarakat putus sekolah di Kabupaten Manokwari. IGKOJEI: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(1); 38–43. https://doi.org/10.46549/igkojei.v2i1.169

Izzah Muyassaroh, Amiroh A, Maryadi NM. 2024. Integrasi kearifan lokal dalam kurikulum sains di sekolah dasar: Tinjauan literatur sistematis. Kalam Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 12(3); 1211–1230. https://doi.org/10.20961/jkc.v12i3.93360

Kadir A. 2023. Eksplorasi etnomatematika konsep geometri pada rumah adat Aceh. ARITMATIKA. 4(2); 85–95. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v4i2.274

Lalu MA, Nurmawanti I. 2023. Etnomatematika: Eksplorasi konsep-konsep geometri dalam kearifan lokal suku Sasak. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika. 5(2); 160–169. https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11740

Muttaqiin A. 2023. Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada pembelajaran IPA untuk melatih keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan MIPA. 13(1); 34–45. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.819

Mutiara MP, Paronda NA. 2025. Pemanfaatan kearifan lokal rumah adat Bugis sebagai media pembelajaran matematika di wilayah Desa Tampo. Idea Pengabdian Masyarakat. 4(1); 138–143. https://doi.org/10.53690/ipm.v5i01.369

Rahmawati Y, Ridwan A, Hadinugrahaningsih T, Soeprijanto. 2019. Developing critical and creative thinking skills through STEAM integration in chemistry learning. Journal of Physics: Conference Series. 1156(1); 012033. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1156/1/012033

Sumaya A, Israwaty I, Ilmi N. 2021. Penerapan pendekatan STEM untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar di Kabupaten Pinrang. Pinisi Journal of Education. 1(2); 217–223. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/26028

Wahyudi H, Ap A, Henoch K, Febriza D. 2025. Potensi dan skema pemanfaatan sumber daya alam di Kampung Armopa Distrik Bonggo Kabupaten Sarmi Provinsi Papua. IGKOJEI: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 6(1); 19–31. https://doi.org/10.46549/igkojei.v6i1.521

Wangsa A, Marniati M, Umasugi SM. 2024. Eksplorasi rumah adat Mekongga sebagai konteks pembelajaran matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika. 19(2); 126–138. http://dx.doi.org/10.21831/pythagoras.v19i2.77937

Downloads

Published

2025-07-30

How to Cite

Pasaribu, H. P., Likumahwa, F. M. ., de Queljoe, W. S. ., & Pasinggi, A. . (2025). Integrasi stem dan etnomatematika dalam desain Rumah Kaki Seribu: STEM and ethnomathematics integration in the design of Rumah Kaki Seribu. IGKOJEI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 166–173. https://doi.org/10.46549/igkojei.v6i3.572