Edukasi branding strategi usaha keripik ampas tebu sachiips pada santri pondok pesantren Al Usmaniyah

Education on branding strategy of sachips bagasse chiips business for students of Al Usmaniyah islamic boarding school

Authors

  • Nabilah A. Putri Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Surabaya, Indonesia
  • Muhadjir Anwar Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46549/igkojei.v6i2.533

Keywords:

Branding, Sugarcane Dregs Chips, Community Service, Economic Empowerment, Social Media, Kripik ampas tebu, Media sosial, Pemberdayaan ekonomi, Pengabdian masyarakat

Abstract

ABSTRACT 

This community service activity aims to provide an understanding of the need for a branding strategy for the Sachiips Bagasse Chips business as a form of service at the Al Usmaniyah Islamic Boarding School, Jombang. In this case, branding is an important element in promoting local products based on the potential of natural resources, namely bagasse. Through practical and theoretical approaches, this program is expected to increase santri's knowledge about the importance of branding in the business world, as well as provide practical skills in managing small businesses. In addition, students will be trained to utilize social media and Word of Mouth (WOM) strategies to expand market reach. The results of this activity are expected to not only improve the entrepreneurial abilities of the santri but also strengthen the sustainable identity of local products. 

Keywords: Branding; Community service; Economic empowerment; Social media; Sugarcane dregs chips

 

ABSTRAK

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang perlunya strategi branding usaha Keripik Ampas Tebu Sachiips sebagai bentuk pengabdian di Pondok Pesantren Al Usmaniyah, Jombang. Dalam hal ini, branding menjadi elemen penting dalam mempromosikan produk lokal yang berbasis potensi sumber daya alam, yaitu ampas tebu. Melalui pendekatan praktis dan teoritis, program ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan santri tentang bagaimana pentingnya branding dalam dunia usaha, serta memberikan keterampilan praktis dalam mengelola usaha kecil. Selain itu, santri akan dilatih untuk memanfaatkan media sosial dan strategi Word of Mouth (WOM) untuk memperluas jangkauan pasar. Hasil dari kegiatan ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kemampuan kewirausahaan santri tetapi juga memperkuat identitas produk lokal yang berkelanjutan.

Kata kunci: Branding; Kripik ampas tebu; Media sosial; Pemberdayaan ekonomi; Pengabdian masyarakat;

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nabilah A. Putri, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Surabaya, Indonesia

Universitas Pembangunan Nasional”Veteran” Jawa Timur, Jalan Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya

Muhadjir Anwar, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Surabaya, Indonesia

Universitas Pembangunan Nasional”Veteran” Jawa Timur, Jalan Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya

References

Aristawidia IB. 2020. Kajian literatur penerapan strategi branding bagi kemajuan UMKM di era digital. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA). 1; 1–13. https://doi.org/10.15642/manova.v1i2.351

Fajri A, Purwanto D. 2024. Pencapaian diferensiasi produk melalui strategi inovasi dan kreativitas usaha mikro kecil dan menengah. Kreativasi: Journal of Community Empowerment. https://doi.org/10.33369/kreativasi.v3i2.34872

Fasya Nurhaliza K, Zawawi Z, Warmana GO. 2024. Pemanfaatan media sosial Instagram sebagai sarana pemasaran digital guna mengembangkan branding UMKM Rusunawa Penjaringan Sari. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara. 5(1); 892–898. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2417

Feshago Panjalu J, Siti Muslikhah R, Lestari Wahyuning Utami T. 2024. Pemasaran digital untuk branding dalam pengembangan UMKM di Indonesia. Bisnis dan Manajemen. 22(1). https://ukmindonesia.id/ https://doi.org/10.61805/fahma.v22i1.109

Neissya IK, Mitrasary A, Frisca C, Arla D, Fadila, Rohma A, Rofifah R, Syarifah S. 2022. Analisis pengaruh branding terhadap keputusan pembelian suatu produk.

Pono WS, Hendri, Ap AT, Kende H, Dwiranti F. 2025. Potensi dan skema pemanfaatan sumber daya alam di Kampung Armopa Distrik Bonggo Kabupaten Sarmi Provinsi Papua. IGKOJEI: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 6(1); 19–31. https://doi.org/10.46549/igkojei.v6i1.521

Putri NLPM, Wismantara IGNN. 2022. Strategi branding dan pemasaran produk home industry “Keripik Talas” di Kelurahan Padangsambian, Denpasar. Kaibon Abhinaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 4(1); 33–38. https://doi.org/10.30656/ka.v4i1.3108

Robiandi F, Saatrawan FD, Shoodiqin DM, Sains Teknologi Pangan dan Kemaritiman J, Teknologi Kalimantan I. 2021. Sosialisasi strategi pemasaran melalui media sosial dan branding produk pada UMKM Food Street Prapatan Kelurahan Telaga Sari Balikpapan. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(1). https://www.journal.itk.ac.id/index.php/sepakat

Santosa S, Novianti R, Anggraeni T, Elizabeth, Gustriandi A. 2021. Strategi digital branding untuk meningkatkan penjualan UMKM Indonesia: studi pada UMKM Desa Gelam Jaya, Kabupaten Tangerang. National Conference on Applied Business, Education, & Technology (NCABET). 1; 202–214. https://doi.org/10.46306/ncabet.v1i1

Setiawati SD, Retnasari M, Fitriawati D. 2019. Strategi membangun branding bagi pelaku usaha mikro kecil menengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(Februari); 125–136. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Putri, N. A. ., & Anwar, M. . (2025). Edukasi branding strategi usaha keripik ampas tebu sachiips pada santri pondok pesantren Al Usmaniyah: Education on branding strategy of sachips bagasse chiips business for students of Al Usmaniyah islamic boarding school. IGKOJEI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 76–84. https://doi.org/10.46549/igkojei.v6i2.533