Pendampingan penyusunan satuan pelajaran bagi pengajar sekolah minggu di Jemaat GKI Pengharapan Jayapura

Assistance for the development of study unit for sunday school teachers at GKI Pengharapan Jayapura Congratulations

Main Article Content

Benyamin Mofu

Abstract

ABSTRACT 


This community service activity (PKM) aims to increase understanding of the preparation of learning units in accordance with the GKI Sunday school curriculum in Tanah Papua for Sunday school teachers at the GKI Pengharapan Congregation in Jayapura. The method used in this community service activity is the Participatory Action Research (PAR) method. This activity was attended by 31 Sunday school teachers from 3 learning classes, namely: kindergarten / small child class teachers, Tanggung children class teachers and youth class teachers. Sunday School teachers come from nine (9) Rayon ministries in the GKI Pengharapan Congregation in Jayapura. The stages in compiling Sunday School learning units consist of determining the Kerugma or Core News in Bible reading, creating learning objectives and compiling Sunday School learning units. After mentoring activities to compile Sunday school lesson units for Sunday school teachers, there was a fundamental change for teachers. 


Keywords: Curriculum; Lesson unit; Sunday school teacher


 


ABSTRAK


Kegiatan penulisan kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan meningkatkan pemahaman tentang penyusunan satuan pembelajaran sesuai dengan kurikulum sekolah minggu GKI di Tanah Papua bagi pengajar sekolah minggu di Jemaat GKI Pengharapan Jayapura. Metode yang digunakan pada kegiatan penulisan masyarakat ini adalah metode Participatory Action Research (PAR). Kegiatan ini diikuti oleh 31 pengajar sekolah minggu dari 3 kelas belajar, yakni: pengajar kelas TK/Anak Kecil, Pengajar pada kelas anak Tanggung dan Pengajar kelas anak remaja. Pengajar Sekolah Minggu berasal dari sembilan (9) Rayon pelayanan di Jemaat GKI Pengharapan Jayapura. Tahapan dalam menyusun satuan pembelajaran Sekolah Minggu terdiri dari menentukan Kerugma atau Inti Berita dalam pembacaan Alkitab, membuat tujuan pembelajaran dan menyusun satuan pembelajaran sekolah minggu. Setelah dilakukan kegiatan pendampingan menyusun satuan pelajaran sekolah minggu pada pengajar sekolah minggu maka terjadi perubahan mendasar bagi pengajar sekolah minggu, yakni: 1) Pengetahuan peserta tentang cara menentukan kerugma atau inti berita dalam pembacaan Alkitab menigkat; 2) Peningkatan cara menyusun pelajaran sekolah minggu yang inovatif dan kreatif; 3) Adanya perubahan dalam mendorong potensi dan perkembangan anak di Jemaat GKI Pengharapan Jayapura.


Kata kunci: Kurikulum; Pengajar; Satuan pelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mofu, B. (2023). Pendampingan penyusunan satuan pelajaran bagi pengajar sekolah minggu di Jemaat GKI Pengharapan Jayapura: Assistance for the development of study unit for sunday school teachers at GKI Pengharapan Jayapura Congratulations. IGKOJEI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 112–118. https://doi.org/10.46549/igkojei.v4i3.401
Section
Articles
Author Biography

Benyamin Mofu, STFT GKI Izaak Samuel Kijne Jayapura, Jayapura, Indonesia

Program Studi Pendidikan Agama Kristen, STFT GKI Izaak Samuel Kijne Jayapura Jln. Sentani 37 Abepura

References

Ansyar, M. 2015. Kurikulum;Hakikat,Fondasi, Desain Dan pengembangan. Kencana.

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran (1 ed.). Publisher.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul. Vega Media.

Irina, F. 2016. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Parama Ilmu.

Kusch, I., Latuputty, S., & Scheunemann, R. 2005. Metode Penelaahan Alkitab Secara Praktis (2 ed.). Sekolah Alkitab Malam.

Pardede, L., & Pardede, D. 2021. Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran. Literasi Nusantara Abadi.

Rusli, M., Hermawan, D., & Supuwiningsih, N. N. 2017. Multimedia Pembelajaran yang Inovatif. ANDI.

Salamun, D. 2021. Inovasi Perencanaan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Schunk, D., Pintrich, P., & Meece, L, J. 2012. Motivasi Dalam Pendidikan (3 ed.). Indeks.

Surjadi, A. 2012. Membuat Siswa Aktif Belajar (2 ed.). Mandar Maju.

Yaumi, M. 2018. Media Dan Teknologi Pembelajaran. Kencana.