PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BIOLOGI ANATOMI HEWAN SECARA DARING UNTUK SEKOLAH-SEKOLAH DASAR GUGUS VI DI DESA TUKSONO, SENTOLO, KULON PROGO, YOGYAKARTA

Online Animal Anatomy Biology Learning Assistance for Cluster VI Elementary Schools in Tuksono Village, Sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta

Authors

  • Arvendi Rachma Jadi Departemen Anatomi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada
  • Hery Wijayanto Departemen Anatomi, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
  • Dwi Liliek Kusindarta Departemen Anatomi, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
  • Vista Budiariati Departemen Anatomi, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakart
  • Tri Wahyu Pangestiningsih Departemen Anatomi, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakart
  • Teguh Budipitojo Departemen Anatomi, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakart
  • Ariana Departemen Anatomi, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakart
  • Hevi Wihadmadyatami Departemen Anatomi, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.46549/igkojei.v3i2.301

Keywords:

Biology Anatomy, Online, Animal, Learning, Elementary School

Abstract

ABSTRACT 

The problem faced during the new normal period of the Covid-19 pandemic for students is to restore interest in learning that has been done at home. Additional efforts are needed to reduce these concerns, such as mentoring for learning outside of school. Community service in the form of learning assistance is carried out with the aim of providing new experiences, information, and knowledge outside of learning at school. The schools participating in the service activities are schools from Cluster VI Tuksono Village, Sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta. This activity involves student assistants from the Anatomy Department, Faculty of Veterinary Medicine, Universitas Gadjah Mada with assistance for a certain period. Implementation of online activities providing materials and discussions that have been adapted to the competencies needed in schools. The material given is an introduction to vertebrates macroscopically and microscopically. Students will be divided into several classes and each has an assistant and a co-lecturer. The activity takes place from September to November 2021. The results of the questionnaire show that this learning assistance activity is very interesting (60%) and very useful (69%) for students and teachers in their schools. 

Keywords: Animal, Biology Anatomy; Elementary school; Learning; Online

 

ABSTRAK 

Permasalahan yang dihadapi pada masa normal baru pandemi Covid-19 bagi peserta didik adalah mengembalikan minat belajar yang selama ini dilakukan di rumah. Usaha untuk mengurangi keprihatinan tersebut diperlukan seperti pendampingan belajar luar sekolah. Pengabdian kepada masyarakat berupa pendampingan pembelajaran dilaksanakan dengan tujuan memberikan pengalaman, informasi, dan pengetahuan baru di luar pembelajaran di sekolah. Sekolah yang berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian adalah sekolah-sekolah dari Gugus VI Desa Tuksono, Sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta. Kegiatan ini melibatkan asisten mahasiswa Departemen Anatomi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada dengan pendampingan selama periode tertentu. Pelaksanaan kegiatan daring pemberian materi dan diskusi yang sudah disesuaikan dengan kompetensi yang dibutuhkan di sekolah. Materi yang diberikan berupa pengenalan vertebrata secara makroskopik dan mikroskopik. Peserta didik akan dibagi menjadi beberapa kelas dan masing-masing memiliki satu asisten dan dosen pendamping. Kegiatan berlangsung dari bulan September sampai November 2021. Hasil kuisioner menunjukkan kegiatan pendampingan pembelajaran ini sangat menarik (60%) dan sangat bermanfaat (69%) bagi para peserta didik dan guru di sekolahnya.

Kata kunci: Anatomi Biologi; Daring; Hewan; Pembelajaran; Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ghozali, M. I. A. dan Fatmawati, S. (2021). Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Pada Era Pandemi Covid 19. Edubase : Journal Of Basic Education, 2(2), 61-68.

Halimatusadiya, Dewi, R. A. K., dan Khoimatun. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 8(1), 229-235.

Handarini, O. I. dan Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.

Indarjulianto, S., Yanuartono, Raharjo S., Nururrozi, A., Wuryastuty, H., Widiyono, I., Purnamaningsih, H., Mulyani, G. T., Tjahajati, I., Hartati, S., dan Yuriadi. (2021). Sosialisasi Kesehatan Hewan Kepada Masyarakat Secara Daring. IGKOJEI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 58 – 63.

Jadi, A. R., Wijayanto, H., Kusindarta, D. L., Pangestiningsih, T. W., Budipitojo, T., Ariana, dan Wihadmadyatami, H. (2018). Media Ajar Anatomi Hewan Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Bagi Siswa Kelas VI Sd Kalisana Di Era Generasi 4.0. Prosiding Seminar Pengabdian Kepada Masyarakat (Senadimas), 1: 278-281.

Lubis, I., dan Lubis, H. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi saat Pandemi Covid- 19. Jurnal Prioritas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 31-35.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., dan Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Putria, H., Maula, L. H., dan Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-872.

Rigiati, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7(2), 297-302.

Sa’diyah, N. P. dan Rosy, B. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(2), 552-263.

Sadikin, A. dan Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224.

Sadikin, I. S., Lestari, S., dan Aini, S. (2020). Pembelajaran daring interaktif, bermakna dan menarik sebagai upaya optimalisasi proses pembelajaran masa pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 897-905. https://doi.org/10.30653/002.202054.647

Sulistyaningrum, D., dan Al Hakim, R. R. (2020). Pendampingan Pembelajaran SIswa Melalui Teknologi Informasi Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus KKN Tematik Covid-19. ANDASIH Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2)

Zuslia, V. (2021). Efektivitas Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, XX, 313-325.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Jadi, A. R., Wijayanto, H., Kusindarta, D. L., Budiariati, V., Pangestiningsih, T. W., Budipitojo, T., Ariana, & Wihadmadyatami, H. (2022). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BIOLOGI ANATOMI HEWAN SECARA DARING UNTUK SEKOLAH-SEKOLAH DASAR GUGUS VI DI DESA TUKSONO, SENTOLO, KULON PROGO, YOGYAKARTA : Online Animal Anatomy Biology Learning Assistance for Cluster VI Elementary Schools in Tuksono Village, Sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta. IGKOJEI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 65 –. https://doi.org/10.46549/igkojei.v3i2.301